SOAL PILIHAN GANDA
Pilih salah satu jawaban yang paling tepat!
1.
Yang
bukan termasuk jenis-jenis
pemeriksaan pada sistem kopling adalah pemeriksaan...
A.
Plat
Kopling D. Roda gaya (Flywheel)
B.
Unit
penekan E. Bantalan
C.
Master
silinder
2.
Tanda-tanda
apabila kampas kopling sudah tipis yaitu ....
- Celah master kopling bertambah besar
- Celah garpu pembebas tidak ada
- Tinggi pedal kopling bertambah tinggi
- Tinggi pedal kopling bertambah rendah
E.
Celah
garpu pembebas bertambah
3.
Penyebab
terjadinya kopling slip adalah :
A.
Tekanan
pegas penekan terlalu kuat
B.
Kampas
kopling baru dipasang
C.
Jarak
antara pedal kopling dengan lantai terlalu pendek
D.
Permukaan
pelat penekan tidak rata
E.
Terdapat
kebocoran pada saluran hidroliknya
4.
Alat
yang digunakan pada saat pemasangan plat kopling yang merupakan alat khusus
(SST) adalah...
A.
Pemusat
kopling D. Kunci momen
B.
Rachet E. Tracker
C.
Bearing
Puller Atachment
5.
Menghubung
dan memutuskan putaran/tenaga dari motor ke transmisi adalah fungsi utama dari….
A.
Gardan C. Kopling
E. Axle shaft.
B.
Flywheel D. Propeller shaft
6.
Nama
komponen nomor 1 pada transmisi berikut adalah
A.
Roda
gigi sinkronmes C. Pengunci sinkronmes
B.
Cincin
sinkronmes E. Pegas pengunci
C.
Kopling
Geser sinkronmes
7.
Yang
bukan merupakan poros pada transmisi
jenis tiga poros adalah…
- Poros input D. Poros roda gigi balik
- Poros bantu E. Poros engkol
- Poros output
8.
Perhatikan
gambar system pemindah tenaga (4WD) di bawah ini :
Nama
komponen nomor 1, 5 dan 7 adalah …
- Differensial depan, transmisi dan poros penggerak.
- Differensial, transfer dan poros propeller.
- Differensial depan, transfer dan poros belakang.
- Differensial belakang, transfer dan poros penggerak.
- Differensial depan, transfer dan differensial belakang.
9.
Fungsi
dari sinkronmes adalah …
A.
Menghubungkan
dan memutus tenaga/putaran dari roda gigi tingkat ke poros output pada kondisi
putaran tidak sama.
B.
Menghubungkan
putaran dari motor ke transmisi
C.
Menghubungkan
putaran dari transmisi ke gardan.
D.
Menghubungkan
putaran dari gardan ke roda-roda.
E.
Merubah
arah putaran yg selanjutnya iteruskan ke roda.
10.
Untuk
mendapatkan momen yang berubah-ubah (momen putar input transmisi menjadi momen
putar output transmisi) melalui perbandingan
susunan gigi pada transmisi adalah fungsi dari ...
A. Kopling D.
Transmisi
B.
Kopel (propeller
shaft) E. Differential
C.
Gardan (final
drive)
11.
Perkaitan
gigi differensial berikut ini adalah ...
- Bevel gear. C. Worm and gear E.Spiral bevel gear
- Hypoid gear. D. Bevel and spiral
12.
Menyeimbangkan/mengatur
putaran roda kiri dan kanan pada saat membelok adalah fungsi dari...
A.
Rem. D. Axle shaft.
B.
Kemudi E. Propeller shaft.
C.
Gardan/differential.
13.
Jika
pada rem hidrolik kemasukan udara maka akan terjadi ....
A.
Rem menjadi panas. D. Rem bersuara.
B.
Rem tidak pakem. E. Mobil menarik ke 1 arah.
C.
Rem terlalu pakem.
14.
Manakah
pernyataan berikut ini yang paling benar?
A.
Minyak rem adalah racun bagi tubuh manusia.
B.
Minyak rem dapat merusak permukaan yang dicat.
C.
Jangan menggunakan minyak rem lama/kotor.
D.
Rem tromol lebih kuat cengkeramannya.
E.
Minyak rem dapat dijadikan sebagai pelumas
15.
Yang
bukan merupakan komponen rem cakram
adalah...
A.
Brake shoe. C. Caliper. E. Master silinder.
B.
Brake pad. D. Rotor/cakram.
16.
Kelebihan
dari rem cakram dibandingkan dengan rem tromol adlah...
A.
Terhindar
dari debu.
B.
Penyebaran
panas lebih merata.
C.
Perbaikan
lebih mudah.
D.
Harga
komponen lebih murah.
E.
Tidak
membutuhkan minyak pelumas.
17.
Kekurangan
dari rem cakram dibandingkan dengan rem tromol adalah...
A.
Lebih mudah aus karena debu dan kotoran
B.
Penyebaran panas yang kurang merata
C.
kemungkinan macet lebih besar
D.
Membutuhkan penyetelan secara kontinyu
E.
Kurang stabil dalam pengereman.
18.
Pada
jalan berlumpur, roda penggerak cepat slip jika tidak cukup beban pada axle
belakang merupakan kerugian dari tipe penggerak roda...
A.
FR D. RR
B.
FF E. FF dan
RR
C.
FF dan 4WD
19.
Apa
kerugian dari pemilihan penggerak empat roda (4WD) pada kendaraan...
- Harga mahal dan berat
- Traksi jelek
- Mudah slip
- Kurang nyaman
- Mudah rusak
20.
Contoh
mobil yang menggunakan jenis penggerak Roda belakang motor di belakang (RR)
adalah:
A.
VW
kodok C. Avanza E. Mazda
B.
Truk
Hino D. Jeep
21.
Universal
joint pada poros propeller, memungkinkan terjadinya:
- Perubahan panjang.
- Perubahan kecepatan.
- Perubahan momen.
- Perubahan sudut.
- Tidak ada yang benar
22.
Meneruskan
putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak axle dengan sudut yang bervariasi
adalah fungsi dari...
A.
Gardan C. Kopling E. Axle shaft
B.
Propeller shaft. D. Transmisi
23.
Meneruskan
putaran dari penggerak aksel ke roda sekaligus memikul beban kendaraan adalah
fungsi dari...
- Axle shaft (poros roda).
- Propeller shaft (poros penggerak).
- Gardan.
- Transmisi.
- Kopling.
24.
Yang
bukan berupakan komponen pemindah tenaga pada kendaraan (mobil) adalah....
- Gardan C. Propeller shaft E. Flywheel
- Kopling D. Axle shaft
25.
Untuk
memperlambat, mengatur dan menghentikan kendaraan adalah fungsi dari...
- Gardan. C. Rem E. Axle shaft
- Kopling. D. Transmisi
SOAL URAIAN
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan cara pemeriksaan plat kopling terkait ketebalan
kanvas kopling! dan berapa batas minimal ketebalan kanvas?
2. Sebutkan urutan pembongkaran unit kopling pada mobil
dengan tipe penggerak FR (mesin di depan penggerak roda belakang)!
3. Jelaskan fungsi rem pada kendaraan (mobil)!
4. Jelaskan keadaan yang terjadi pada unit transmisi pada
gambar berikut!
5.
Apa yang anda ketahui tentang poros roda (axle shaft)?
jelaskan!
gaada jawaban
BalasHapusjawab sendiri lah...
HapusMana jawabannya
BalasHapus